BAHAYA ROKOK

18‏/02‏/2011 ·

Dalam hidup, manusia sering sekali mendapatkan permasalahan-permasalahan dalam kesehariannya ,baik dari segi hobi, keinginan atau kecenderungan ( ketergatungan ) dengan sesuatu yang dapat merugikan dirinya bahkan orang lain yang berada di sekitarnya, ini tidak bisa di pungkiri di jaman dewasa ini satu contoh kebiasaan sebagian pria dan wanita adalah meroko yang sukar untuk di hentikan kecuali dengan keinginan yang kuat dalam dirinya sehingga dapat untuk menghentikan kebiasaan meroko Melarang merokok memang dlematis sekali di negara berkembang ini, karena ini sudah mencakup bermacam kepentingan. Kepentingan pemerintah atas cukai, petani tembakau, pekerja pabrik roko, agen pembuat iklan rokok, dan tentu saja perokok. Melarang apalagi membuat fatwa haram bukanlah solusi. Ini tak bisa dihentikan hanya dalam hitungan hari. Menghentikan tak mungkin, mengurangi mungkin. Kampanye persuasif dan terus-menerus yang bisa dilakukan.
Sejarah rokok :
Mungkin sebagaian dari kita tidak mengetahui sejarah timbulnya rokok yang selama ini yang telah membuat kepanikan di kalangan masyarakat luas. Maka dari itu penulis mencoba menukil sebagian sejarah timbulnya rokok,
Sebagian orang mengklim bahwa rokok timbul dari sebuah Negara yang menganut atau mempunyai musim tropis seperti Indonesia, China dan lain sebagainya yang telah banyak menumbuhkan berbagai macam tembakau yang berkwalitas untuk di jadikan rokok yang terbaik, karena keberadaan rokok itu sendiri telah ada sebelum tahun 1500 oleh orang-orang terdahulu dengan cara mengisap kayu atau daun-daunan baik daun tembakau atau lainnya. Namun pada tahun 1500 san ketika bangsa Eropa melihat penduduk asli Amerika menghisap tembakau yang dibakar dalam pipa. Hingga tahun 1940-an manusia menganggap rokok tidak berbahaya. Tahun 1962 pemerintah AS menunjuk 10 ilmuwan terkemuka untuk meneliti bahaya rokok. Tahun 1964 kesimpulannya dimuat di Laporan Surgeon General
yang menyatakan bahwa rokok berbahaya bagi kesehatan dan meminta pemerintah melakukan tindakan. Pada tahun 1965 penggunaan rokok turun 40% sejak diterbitkannya laporan tersebut (MS Encarta).
Kemudian timbul lah sebuah ungkapan bahwa perokok itu jantan adalah mitos ciptaan iklan. Perokok dikesankan seolah-olah maco, gagah, pemberani, dan kuat. Ini terbukti terbalik dengan kenyataan. Perokok itu merusak kesehatan. Kalau mereka yang merokok merasa sehat dan kuat, apalagi kalau tidak merokok. Memang kalau merokok itu merupakan kenikmatan bagi sang pecandu, namun membawa celaka di setiap sedutan, yang tidak di sadari dalam waktu yang amat singkat namun membawa dampak negatif di waktu yang akan datang
Akar di haramkannya rokok bagi tubuh manusia :
kesehatan jasmani dan rohani adalah sesuatu yang mahal dalam hidup ini. dan islam menganjurkan untuk menjaganya sebaik mungkin dari hal-hal yang dapat merusak kesehatan tubuh kita baik dari segi makanan atau minuman karena akal yang sehat terdapat pada tubuh yang sehat, Islam adalah agama rahmatan lil alamin, dan salah satu rahmatnya, islam menganjurkan untuk mencerna yang baik untuk tubuh kita, sebagaimana firman Allah S.W.T dalam al-qur'an surat Al-maa'idah ayat 88: Maka makanlah makanan yang halal lagi baik dari rezki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah.
sedangkan rokok salah satu yang di haramkan dalam islam karena zatnya yang banyak mengandung madhorot dari pada maslahatnya, dan salah satu madhorotnya ia mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida.
• Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru.
• Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan.
• Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.
Ini adalah sebagain besar dari dampak negatif rokok yang akan diderita oleh sang perokok bukan lagi dari segi harga rokok yang mahal, akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan dirinya bahkan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. Bukan hanya itu sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama dengannya, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok di tempat umum agar asap rokok yang dihembuskan dapat terhirup orang lain, sehingga orang lain akan terkena penyakit kanker. Sunggu kejihnya orang yang merokok seandainya dia mengetahui bahwa perbuatannya akan membehayakan orang-orang di sekitarya bahkan orang yang ia cintaipun akan terkena dari dampak perbuatannya tersebut. Maka dari itu islam melarang dan mengharamkan kegiatan yang dapat merusak tubuh sendiri dan orang lain. Sedangkan rokok dapat dikategorikan sebagai benda atau barang haram yang harus dihindari dan dijauhi sejauh mungkin. Sang perokok mungkin akan memiliki persepsi yang berbeda dalam hal ini.walaupun argument mereka tidak mempunyai landasan hokum serta akankebenaran diperbolehkannya rokok.

0 comments:

إرسال تعليق

About Me

صورتي
Hi Guys.. Salam kenal dari ane. Orang Misterius yang telah hadir di tengah-tengah kehidupan kalian, pada hari senin tepatnya di daerah Bekasi, dengan hobi engga betah tinggal dirumah, serta lebih suka makan di rumah orang lain hehe. Adapun hal yang paling di benci dlm hdup menunggu sesuatu yang g pasti dan duduk berdampingan dgn org yg merokok.

Discus With Me

Silaturahmi

  
 
Top

PESONA MESIR | Copyright © 2011 All right reserved.
Black Eleganisme Blogger Template | Designed By Serba Blog